Seminar Cloud Computing dan Internet of Things Dalam Menghadapi Revolusi 5.0 di SMAN 21 Kab. Tangerang

Tangerang, 2 Agustus 2024 – Seminar bertajuk “Cloud Computing dan Internet of Things dalam Menghadapi Revolusi Industri 5.0” sukses digelar secara online dan dihadiri oleh Ibu Siti Fatimatul Zuhro, S.Kom, M.Kom. sebagai Kaprodi Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin , Bapak Sapriyadi, S.Kom, M.Kom sebagai Dosen Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin, Bapak Nana Sutisna, M.Pd sebagai Kepala Sekolah SMAN 21 Kabupaten Tangerang, Ibu Mumun Mulyanah, S.Kom sebagai Pemateri 2 dan Guru SMAN 21 Kabupaten Tangerang, dan Aulia Nur Azizah sebagai Moderator.

Seminar yang berlangsung secara online ini menghadirkan narasumber di bidang teknologi. Sapriyadi, S.Kom, M.Kom., seorang pakar Cloud Computing dari Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin, membuka acara dengan paparan mengenai pentingnya integrasi teknologi cloud dalam mendukung operasional di era digital.

“Cloud Computing bukan lagi sebuah pilihan, melainkan kebutuhan esensial untuk meningkatkan efisiensi, fleksibilitas, dan skalabilitas operasional bisnis. Dengan adopsi cloud, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional dan fokus pada inovasi.

“IoT memungkinkan berbagai perangkat untuk saling berkomunikasi dan berbagi data secara real-time. Hal ini membuka peluang besar untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas dalam berbagai sektor, mulai dari manufaktur hingga layanan kesehatan,” kata Dr. Rina.

Seminar ini juga menyoroti bagaimana Revolusi Industri 5.0, yang menggabungkan teknologi canggih dengan human-centric approach, dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Peserta seminar diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi dalam mengimplementasikan teknologi cloud dan IoT di industri masing-masing.

Selain sesi presentasi, acara ini juga dilengkapi dengan workshop dan sesi networking yang memungkinkan peserta untuk berdiskusi lebih mendalam dengan para pakar dan praktisi. Para peserta mengapresiasi penyelenggaraan seminar ini sebagai langkah positif dalam mempersiapkan diri menghadapi perubahan besar yang dibawa oleh Revolusi Industri 5.0.

Dengan suksesnya seminar ini, diharapkan semakin banyak perusahaan dan institusi yang menyadari pentingnya adopsi teknologi Cloud Computing dan IoT untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis di masa depan.